JALUR PENDAFTARAN MAHASISWA BARU

JALUR NILAI RAPOT / TRANSKRIP NILAI DAN KELAS SORE

Jalur Nilai Raport merupakan jalur pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru yang memfasilitasi bagi calon mahasiswa baru lulusan SMA/MA/paket C jurusan IPA lulusan tahun 2019-2021. Seleksi pendaftaran dilaksanakan secara terjadwal. Ada 2 (dua) tahap seleksi yang harus dilalui oleh calon mahasiswa baru/pendaftar FK & FKG. Yaitu tahap pertama pendaftar harus melalui seleksi administrasi dan nilai raport. Jika pendaftar tidak dinyatakan lolos, maka pendaftar gugur sampai ditahap ini. Sebaliknya jika pendaftar dinyatakan lolos tahap pertama, maka pendaftar akan mendapat arahan tes lanjutan.

Jalur Nilai Raport/transkrip merupakan jalur pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru yang memfasilitasi bagi calon mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/paket C (Jalur Nilai Raport), lulusan diploma III (Jalur Transkrip) dan lulusan sarjana yang melanjutkan ke profesi (Jalur Transkrip) dengan layanan sistem One Day Admission Service (ODAS).

ODAS merupakan salah satu bentuk pelayanan prima dalam sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Semarang. ODAS adalah model seleksi dengan pelayanan prima dan tuntas dalam pendaftaran mahasiswa baru, yang mencakup tahapan pendaftaran, verifikasi, seleksi berkas, dan pengumuman kelulusan yang dilaksanakan sekaligus dalam satu hari kerja dalam satu kesatuan waktu. Model ini memberikan keuntungan besar bagi calon mahasiswa, yakni hemat waktu, tenaga dan biaya dengan pelayanan  yang sederhana dan mudah.

Jalur raport untuk pilihan program studi selain Fakultas Kedokteran (FK) & Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) diberlakukan untuk program kuliah regular pagi dan regular sore. Jalur Nilai Raport kelas sore, hanya berlaku untuk program studi S1 Pendidikan Matematika, S1 Statistika, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, S1 Sastra Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Teknologi Pangan.

JALUR PRESTASI

Prestasi akademik merupakan pencapaian pribadi yang mencerminkan ketekunan dan kecerdasan. UNIMUS memberikan kesempatan jalur seleksi pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PERMASI sebagai bentuk penghargaan kepada siswa SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 sampai dengan 2021 yang berprestasi akademik; nilai rerata raport minimal 80 (nilai raport semester 1 sampai dengan 5).

Kesempatan pilihan program studi melalui jalur PERMASI berlaku untuk semua program studi yang ada di Unimus kecuali Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Siswa yang diterima di program beasiswa PERMASI berhak mendapatkan fasilitas bebas potongan biaya DPI 25-50% sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pelaksanaan layanan jalur PERMASI adalah secara One Day Admission Service (ODAS). ODAS adalah model seleksi dengan pelayanan prima dan tuntas dalam pendaftaran mahasiswa baru, yang mencakup tahapan pendaftaran, verifikasi, seleksi berkas, dan pengumuman kelulusan yang dilaksanakan sekaligus dalam satu hari kerja dalam satu kesatuan waktu. Model ini memberikan keuntungan besar bagi calon mahasiswa, yakni hemat waktu, tenaga dan biaya dengan pelayanan  yang sederhana dan mudah.

UNIMUS memfasilitasi dan mendukung siswa SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 sampai dengan 2021 yang yang mempunyai bakat di bidang nonakademik untuk bisa melanjutkan kuliah dengan keringanan biaya melalui program PEMIKAT.

Dengan melampirkan sertifikat minat dan bakat, siswa berhak memilih semua program studi yang ada di Unimus kecuali Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Siswa yang diterima di program beasiswa PEMIKAT berhak mendapatkan fasilitas bebas potongan biaya DPI 25-50% sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pelaksanaan layanan jalur pemikat adalah secara One Day Admission Service (ODAS).

UTBK merupakan salah satu metode seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara elektronik menggunakan komputer dan diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pelaksanaan UTBK ini lebih fokus untuk menilai sejauh mana kesiapan peserta menghadapi perkuliahan di kampus.

UNIMUS menetapkan Jalur UTBK sebagai salah satu jalur pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru dengan kriteria nilai UTBK minimal 450.

Seleksi pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UTBK ini diberikan kesempatan untuk semua siswa lulusan SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 sampai dengan 2021 dengan kesempatan pilihan program studi yang ada di UNIMUS kecuali Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Pelaksanaan layanan jalur UTBK dilakukan secara One Day Admission Service (ODAS).

JALUR BEASISWA

UNIMUS sangat mendukung perkembangan seorang atlet KONI sebagai masa depan dunia olahraga Indonesia dengan memberi kesempatan jalur pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa baru yakni jalur beasiswa PERKONI. Beasiswa Perkoni adalah program Beasiswa penuh dari Unimus yang merupakan wujud nyata kepedulian UNIMUS bagi perkembangan olahraga dan pendidikan.

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 sampai dengan 2021, yang memiliki prestasi di bidang olah raga (atlet KONI) yang dapat dibuktikan dengan sertifikat, piagam atau tanda bukti kejuaraan lainnya dan surat rekomendasi dari KONI untuk memasuki Program Diploma III, Diploma IV dan Sarjana UNIMUS.

Siswa yang diterima di program beasiswa PERKONI berhak mendapatkan fasilitas bebas biaya kuliah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk program beasiswa PERKONI ini, penempatan program studi ditentukan oleh UNIMUS.

Hafidz Qur’an adalah suatu kemampuan khusus yang dikaruniakan oleh Allah SWT pada hambanya dalam menghafalkan ayat-ayat suci dan firman-firman Allah yang tertuang dalam Al Qur’an.

UNIMUS memberikan peluang sekaligus penghargaan kepada para siswa SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 hingga 2021, yang memiliki kemampuan istimewa tersebut dalam bentuk beasiswa studi dengan kesempatan jalur pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa baru yakni jalur Hafidz Qur’an.

Siswa yang diterima di program beasiswa HAFIDZ QUR’AN berhak mendapatkan fasilitas bebas potongan biaya DPI 50-100% sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Program Beasiswa Dhuafa (PROBEA) adalah salah satu bentuk nyata kepedulian UNIMUS yang relative besar dalam pengentasan kemiskinan khususnya dibidang pendidikan yaitu siswa yang memiliki prestasi akademik dan ketrampilan.

Program ini merupakan program seleksi bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 hingga 2021 untuk memasuki Program Diploma III/DIV dan Sarjana Universitas Muhammadiyah Semarang melalui program seleksi tanpa ujian tertulis.

Siswa yang diterima di program beasiswa PROBEA berhak mendapatkan fasilitas bebas biaya kuliah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Salah satu syarat dengan melampirkan surat rekomendasi dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah atau Pimpinan Wilayah Muhammadiyah.

UNIMUS memberikan apresiasi kepada Kader Muhammadiyah terpilih dan yang lulus seleksi yaitu berhak mendapatkan fasilitas bebas biaya kuliah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku melalui jalur pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa baru yakni Jalur Beasiswa Kader Muhammadiyah.

Beasiswa Kader Muhammadiyah merupakan bentuk nyata kepedulian UNIMUS kepada aktifis kader muhammadiyah terpilih. Sekaligus sebagai peran aktif UNIMUS dalam mewujudkan kader persyarikatan yang mempunyai kapasitas dan kemampuan yang mumpuni untuk selanjutnya mengabdikan dan mendarmabaktikan keilmuannya demi kemajuan persyarikatan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK/Paket C lulusan tahun 2019 sampai dengan 2021. Untuk program beasiswa Kader Muhammadiyah ini, penempatan program studi ditentukan oleh UNIMUS.

Jalur KIP-Kuliah ini merupakan bantuan biaya pendidikan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan KEMENDIKBUD bagi calon pendaftar mahasiswa baru dengan keterbatasan ekonomi.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPKuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

UNIMUS terpilih untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu dan memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. 

Siswa yang diterima di program beasiswa KIP-Kuliah berhak mendapatkan fasilitas bebas biaya kuliah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

JALUR PASCASARJANA

Program Pascasarjana merupakan suatu program pendidikan lanjutan dengan gelar Magister yang diperuntukan bagi mahasiswa yang sebelumnya telah menyelesaikan program pendidikan sarjananya.

Jalur Pascasarjana merupakan salah satu bentuk pelayanan prima dalam sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Semarang dengan memiliki model seleksi yang dilaksanakan terjadwal atau serentak.

Tahapan pelayanan mencakup pendaftaran, tes/ujian CBT, TOEFL (Keperawatan), Wawancara, pengumuman kelulusan, dan registrasi awal.

UNIMUS merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berpedoman pada nilai-nilai Islam, Muhammadiyah, dan Kebangsaan. UNIMUS bertujuan untuk menghasilkan lulusan unggul, berkarakter dan berwawasan internasional, sehingga dapat berguna bagi masyarakat dan kemajuan Indonesia. UNIMUS selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik, dengan kebutuhan masyarakat, melaksanakan manajemen yang amanah dan transparan, serta menjalin kerjasama yang saling menguntungkan berbagai pihak.

LOKASI UNIMUS : Jl. Kedungmundu Raya No.18 Semarang  Kode Pos 50273 – UPT Admisi dan Marketing Gedung Rektorat Lantai 1 Ruang 102