Portal PMB | UNIMUS

Kesehatan Masyarakat

FKM UNIMUS memiliki satu program studi, yaitu Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat (PSKM), dengan status: Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (SK BAN PT No.08829/Ak-X-S1-007/UA5KEM/VI/2006), berlaku hingga 29 Juni 2011. PSKM berdiri tahun 1999 sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 139/D/O/1999 tanggal 4 Agustus 1999. Penyelenggaraan kegiatan akademik dimulai bulan September 1999. PSKM FKM UNIMUS memiliki reputasi yang baik terbukti dari hasil evaluasi program studi berbasis evaluasi diri (EPSBED) yang 100% baik, sehingga memperoleh perpanjangan ijin operasional berkala berdasarkan surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 3369/D/T/2003, diperbarui dengan SK Nomor 2441/D/T/2007 berlaku hingga 2011.

Web Fakultas Kesehatan Masyarakat

Visi

Menjadi program studi unggulan penyelenggara pendidikan kesehatan masyarakat guna menghasilkan lulusan profesional, berwawasan nasional dan global, dilandasi iman dan takwa.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridharma Pendidikan Tinggi yang melembaga, efektif, efisien dan produktif di bidang kesehatan masyarakat.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) kesehatan masyarakat yang memiliki keunggulan spesifik dan berdaya saing tinggi.
  3. Menyelenggarakan program pelayanan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan, kepercayaan dan kepuasan masyarakat.

Tujuan

  1. Mendidik sumberdaya manusia menjadi Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) yang memiliki kompetensi akademis dan profesional.
  2. Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berbasis IPTEKS terkini.
  3. Mengembangkan IPTEKS yang menunjang kompetensi dan keahlian lulusan.
  4. Menghasilkan IPTEKS yang memiliki keunggulan spesifik dan berdaya saing tinggi.
  5. Mengembangkan dan melaksanakan program pengabdian masyarakat.
  6. Mengembangkan kerjasama guna melaksanakan program pengabdian masyarakat, berbagi informasi dan IPTEKS.

Kurikulum

Menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, 146 SKS, dengan program unggulan :

  1. Peminatan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.
  2. Peminatan Kesehatan Reproduksi.
  3. Peminatan Epidemiologi.
  4. Peminatan Kesehatan Lingkungan.
  5. Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Masa Studi

  1. Program Reguler : 3 tahun 10 bulan.
  2. Program lintas jalur : 1 tahun 10 bulan.

Sumberdaya Pendidikan dan Prestasi

  1. Dosen tetap 100% berpendidikan S2.
  2. Dosen tidak tetap 90% S2 dan 6% S3.
  3. Didukung Metode Pembelajaran Online.

Sarana

  1. Jaringan internet dengan Hotspot Area; dapat diakses secara bebas 24 jam non stop; memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa untuk memperluas khasanah keilmuan dengan mengakses berbagai sumber pengetahuan dari seluruh dunia.
  2. Metode pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan software Learning Management System; yang memberi kemudahan bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan interaksi ilmiah secara virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu.
  3. Sistem informasi akademik (SIA) online berbasis Short Message Service (SMS); memudahkan mahasiswa untuk memantau perkembangan hasil perkuliahan kapan saja dan dimana saja.
  4. Ruang kelas yang bersih dan sejuk, dilengkapi dengan fasilitas audio-visual; memberi kenyamanan bagi dosen dan mahasiswa dalam pendalaman materi pembelajaran.
  5. Laboratorium Komputer, Bahasa, Epidemiologi, dan Kesehatan Liingkungan – Kesehatan Kerja; wahana peningkatan ketrampilan dan kompetensi mahasiswa untuk menjadi Sarjana Kesehatan Masyarakat profesional.
  6. Perpustakaan berisi koleksi buku-buku terbaru dan memadai, dengan layanan berbasis TIK, dan terkoneksi dengan Muhammadiyah Digital Library; menjadi sumber informasi dan pengetahuan bagi dosen dan mahasiswa.

Beasiswa

  1. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  2. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
  3. Beasiswa UNIMUS
  4. Supersemar

Prestasi Kelembagaan

FKM UNIMUS berhasil lolos dalam Program Hibah Kompetisi (PHK) A1 Tahun 2005 dan 2006; mendapatkan kucuran dana senilai 500 juta rupiah untuk meningkatkan mutu internal management penyelenggaraan pendidikan. Hibah ini memberikan nilai tambah dan berbagai kemajuan dalam manajemen pengelolaan program studi, dan puncaknya memproleh akresitasi B untuk Program studi S1 Kesehatan Masyarakat. Menyusul PHK A1, tahun 2008 FKM UNIMUS meraih PHK TIK K1 senilai 500 juta rupiah untuk pengembangan konten dan mutu pembelajaran berbasis TIK. Hasil akhir hibah ini adalah pengembangan konten pembelajaran praktikum, Portofolio Virtual Mahasiswa, dan ensiklopedia elektronik kesehatan masyarakat.

Prestasi Kemahasiswaan

Berbagai prestasi di bidang kemahasiswaan telah terukir dan mengharumkan nama FKM UNIMUS. Prestasi dalam 3 tahun terakhir, diantaranya:

  1. Tahun 2007 meraih Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat regional Jawa Tengah dalam rangka Dies Natalis ke-50 Universitas Diponegoro Semarang, dengan judul: Pengaruh Air Rendaman Jerami terhadap Jumlah Telur Aedes sp yang Terperangkap.
  2. Tahun 2008 meraih Hibah Pengabdian Masyarakat dari DP2M Dikti senilai 6 juta rupiah dalam Program Kreatifitas Mahasiswa, untuk 1 kelompok mahasiswa, dengan judul: Pemanfaatan Ovitrap untuk Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah Dengue.
  3. Tahun 2009, meraih hibah Program Kreatifitas Mahasiswa DP2M Dikti senilai 12 Juta rupiah, untuk 2 kelompok mahasiswa, dengan judul: Kemampuan Adaptasi Nyamuk Aedes aegypti pada Berbagai Kondisi Air Perindukan (penelitian) dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penerapan Ovitrap untuk Pemberantasan DBD. (pengabdian masyarakat).