Portal PMB | UNIMUS

Teknik

Web Fakultas Teknik

VISI

Menjadi institusi pendidikan Teknik Elektro yang unggul, modern, berwawasan keislaman, mengedepankan IMTAQ dan IPTEKS dan berorientasi pada kepentingan bangsa dan kesejahteraan masyarakat. 

MISI

  1. Menghasilkan sarjana yang berkemampuan akademik dan profesional yang berjiwa wirausaha dalam menerapkan teknologi yang tepat dan modern.
  2. Meningkatkan kualitas layanan sistem pendidikan secara berkesinambungan yang didasarkan atas kebutuhan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat.
  3. Mewujudkan insan yang berkemampuan melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan dirinya, masyarakat, bangsa, negara Indonesia, dan umat manusia.
  4. Menjalin komunikasi dan kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. 
PROGRAM STUDI :
Program Sarjana :
  1. Teknik Elektro
    1. Deskripsi Program Studi
      Program Studi Strata Satu Teknik Elektro (PSTE) merupakan salah satu diantara 4 Program studi yang dikelola Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). PSTE menyelenggarakan pendidikan Sarjana Strata 1 dengan konsentrasi peminatan ilmu di bidang listrik ketenagaan, teknik informatika dan elektronika medik. Prodi Teknik Elektro berkedudukan di Kota Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah beralamat di Jalan Kasipah Nomor 12 Semarang. Letak kedudukan yang demikian memudahkan pemanfaatan akses informasi dan fasilitas eksternal. Hal ini sangat mendukung pengembangan Prodi Teknik Elektrodan FT UNIMUS di masa datang. Teknik Elektro UNIMUS beroperasi sejak tahun 1999 dengan surat ijin no. 139/DO/1999 dan mendapat re-status operasional tahun 2006 dengan surat no. 3630/DT/2006. Pada tahun 2010 mendapat status terakreditasi BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) SK. No.: 042/BAN-PT/Ak-XII/S1/I/2010. 
    2. Learning Outcome
      Lulusan Teknik Elektro bermanfaat dan memiliki peluang kerja di : a. Instansi negri (pemerintah) seperti Departemen ESDM dan Pemda Tingkat I maupun Pemda Tingkat II. b. Perusahaan pengelola energi listrik seperti PLN, Indonesian Power dan perusahaan pembangkit energi listrik swasta lainnya. c. ME (Mekanikal elektrikal engineering)di industri, pabrik, rumah sakit, perusahaan jasa telekomunikasi (Telkom, Indosat, ProXL, dll) dan ME di instansi negri maupun swasta. d. Pengusaha dan Tenaga Ahli perusahaan kontraktor dan konsultan listrik di pembangkitan, penyaluran dan gardu induk listrik serta untuk konsumen listrik industri maupun domestik.  
  2. Teknik Mesin
    1. Deskripsi Program Studi
      Mata Kuliah dalam Kurikulum PSTM dikelompokan menjadi tiga yaitu Mata Kuliah Umum, Mata Kuliah KEL. MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian), KEL. MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan), KEL. MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya), KEL. MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bersama), dan KEL. MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya). Distribusi SKS kelompok mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut: Beban SKS : 1. MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bersama) : 4 SKS 2. MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian) : 14 SKS 3. MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan) : 72 SKS 4. MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) : 4 SKS 5. MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya) : 55 SKS TOTAL BEBAN SKS : : 149 SKS Mata Kuliah PSTM diarahkan untuk membentuk mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup sebagai seorang rekayasawan Teknik Mesin yang berwawasan pada 3 (tiga) kelompok bidang keahlian yaitu konversi energi, ilmu bahan, serta desain dan manufaktur.  
    2. Kompetensi Lulusan
      1. Menguasai ilmu dasar dan terapan di bidang rekayasa mesin. 
      2. Memiliki kemampuan analisis, sintesis dan disain dalam sistem teknik mesin. 
      3. Memiliki kemampuan merancang suatu sistem teknik mesin.
      4. Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan, tulisan dan visual secara efektif. 
      5. Dapat bekerja secara mandiri maupun dalam kelompok. 
      6. Mampu memanfaatkan dan meningkatkan nilai tambah suatu produk rekayasa mesin. 
      7. Memiliki sikap profesional dan beretika dalam bekerja. 
      8. Memiliki wawasan kewirausahaan yang unggul. 
      9. Memiliki komitmen untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan melalui kesadaran pendidikan sepanjang hayat.
      10. Dapat meningkatkan kualitas hidupnya.