Portal PMB | UNIMUS

Layanan TIK

Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai salah satu unsur universitas dalam mendukung manajerial yang efektif, efesien, akuntabel, dan transparan serta memfasilitasi keterlaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat berbasis TIK. Hal tersebut merupakan komitmen Pimpinan Departemen TIK yang terus berupaya untuk menjadikan UNIMUS sebagai sebuah institusi pendidikan yang memiliki daya saing kuat yang pada gilirannya akan membangun citra UNIMUS dalam menumbuhkembangkan kemandirian masa depan untuk mencapai cita-cita bersama: wordclass University. 

Kehadiran TIK  dalam pendidikan bisa dimaknai dalam tiga paradigma, yaitu

  1. TIK sebagai alat atau berupa produk teknologi yang bisa digunakan dalam pendidikan.
  2. TIK sebagai konten atau sebagai bagian dari materi yang bisa dijadikan isi dalam pendidikan.
  3. TIK sebagai program aplikasi atau alat bantu untuk manajemen universitas yang efektif dan efisien (university management tools).

Ketiga paradigma tersebut disinergikan dalam sebuah kerangka sumberdaya TIK yang secara khusus diposisikan dan diarahkan untuk mencapai visi dan misi UNIMUS. Di era globalisasi pendidikan, disadari ataupun tidak, tantangan UNIMUS ke depan akan lebih berat. Oleh karena itu, dengan kesadaran yang tinggi, UNIMUS menjadikan TIK sebagai salah satu tulang punggung yang menopang dan menggerakkan UNIMUS di kancah persaingan global.  Dalam dunia pendidikan, ada beberapa alasan problematik yang melatarbelakangi pentingnya pemanfaatan TIK, terutama dalam

  1. meningkatkan mutu pendidikan di semua jenjang,
  2. mengatasi kesenjangan layanan pendidikan akibat kondisi geografis yang mana jika diabaikan akan menimbulkan disparitas mutu layanan, dan
  3. perubahan sosio-budaya masyarakat yang bergerak dinamis.


Akhirnya, fasilitas infrastruktur TIK dan berbagai aplikasi TIK yang ada di Departemen TIK tidak akan memiliki makna apa-apa apabila mindset civitas akademika tidak berubah. Departemen TIK berusaha,bekerja keras dan mendorong untuk menjadikan TIK sebagai tulang punggung dalam tata kelola UNIMUS.

 

Kontak : (Yobi) Psw : 501

Gd.Rektorat Unimus Lt.5