Portal PMB | UNIMUS

Ekonomi

Web Fakultas Ekonomi

VISI

Menjadi program pusat studi unggulan (center study of excellence) sebagai penyelenggara pendidikan ekonomi guna menghasilkan sumberdaya insani yang profesional, berwawasan nasional dan global dibidang ekonomi dan bisnis dengan dilandasi iman dan takwa.

MISI

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional di bidang ekonomi.
  2. Menyelenggarakan tridharma pendidikan tinggi yang melembaga, efektif, efisien dan produktif.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui penelitian yang memiliki keunggulan spesifik dan berdaya saing tinggi.
  4. Menyelenggarakan program pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat di bidang ekonomi, manajemen, bisnis dan akuntansi.
  5. Mengembangkan kerjasama institusional di bidang ekonomi.
PROGRAM STUDI :
Program Sarjana :
  1. Akuntansi
  2. Manajemen

Deskripsi Program Studi
Program Studi S1 Manajemen didirikan pada tahun 1999 sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.139/D/O/1999 tanggal 4 Agustus 1999. Tanggal 17 Oktober 2008 memperoleh Status Akreditasi dari BAN PT dengan nilai C. Program Studi S1 Manajemen beralamat di di Gedung Rektorat Jl. Kedungmundu Raya 18 Semarang dengan nomor telepon 76740296-76740297. Ka. Program Studi sekarang dijabat oleh Setia Budhi Wilardjo, SE, MM. Kegiatan yang dilakukan Program Studi S1 Manajemen tidak hanya pengajaran, penelitian tetapi juga pengabdian pada masyarakat. Termasuk juga adanya pengiriman proposal Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) yang pernah meloloskan proposal hingga tingkat propinsi. Sedangkan kegiatan seperti simposium, seminar, lokakarya baik di tingkat regional dan nasional, pertemuan dekan dan kaprogdi di lingkugan fakultas ekonomi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dilakukan secara rutin paling tidak setahun 2 kali. Program Studi S1 Manajemen juga mengadakan kegiatan pelatihan ekspor impor sebagai bekal calon lulusannya/alumninya.
Learning Outcome
Profil Lulusan : Alumni Program Studi S1 Manajemen FE Unimus bekerja dilingkungan : BUMN, BUMD, Instansi Pemerintah, Perusahaan Eksport Import, Perbankan (Konvensional/Syariah), Department Store, Pengusaha (Entrepreneur), Rumah Sakit, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Leasing, Shipping Company, Freight Forwarder, Perusahaan Sekuritas, Kantor Konsultan (Akuntansi/Manajemen) dll.
Kompetensi Lulusan

Kompetensi dalam Manajemen Pemasaran Menguasai dengan baik dasar pemasaran, perilaku konsumen, sistem informasi pemasaran riset pemasaran, segmentasi dan target pasar, bauran pemasaran (marketing mix), dumping, strategi pemasaran, pemasaran internasional serta masalah-masalah ekonomi dan sosial lainnya dalam perusahaan.
Kompetensi dalam Manajemen Keuangan Menguasai dengan baik dasar keuangan, keputusan keuangan, yang dimulai dari penggunaan informasi akuntansi untuk menilai kinerja keuangan perusahaan, keputusan investasi, kebijakan deviden, kebijakan pendanaan dan diakhiri dengan perencanaan keuangan serta masalah-masalah ekonomi dan sosial lainnya dalam perusahaan.