Portal PMB | UNIMUS

Kader Muhammadiyah

Deskripsi

Program Beasiswa Kader Muhammadiyah (Probea Kader) merupakan program seleksi bagi siswa-siswi SMA/ MA/ SMK untuk memasuki Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Semarang melalui program seleksi tanpa ujian tertulis sekaligus merupakan program beasiswa dari UNIMUS sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa Unimus yang memiliki ketidakmampuan dari sisi ekonomi namun memiliki prestasi akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi dari kader persyarikatan Muhammadiyah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari organisasi Cabang, Daerah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah. 

 

Maksud dan Tujuan

  1. Menciptakan jaringan kerjasama dengan Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Jawa Tengah pada khususnya dan Persyarikatan Muhammadiyah pada umumnya.

  2. Memberikan peluang dan kesempatan untuk menempuh studi pada Program Studi Strata Satu bagi Kader Muhammadiyah di Jawa Tengah.

  3. Meningkatkan kapasitas akademik dan profesional bagi sumber daya insani Persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah di Jawa Tengah di bidang ilmu Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris dan Teknik Elektro.

  4. Memberikan sumbangan beasiswa bagi pengembangan kader persyarikatan Muhammadiyah di Jawa Tengah.

 

Sasaran

  1. Dikdasmen Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

  2. Organisasi Ortom Muhammadiyah.

  3. Kader Persyarikatan Muhammadiyah Jawa Tengah.

 

Ketentuan dan Syarat Calon

  1. Warga Negara Indonesia

  2. Pendaftar adalah siswa-siswi yang sedang menempuh pendidikan kelas XII SMA/SMK/MA Negeri/ Swasta Tahun Ajaran/Akademik 2018/2019.

  3. Berstatus sebagai Kader Muhammadiyah.

  4. Mendapat rekomendasi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan Majelis Dikdasmen Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten/Kota.

  5. Mempunyai Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah dan Kartu Tanda Anggota Organisasi Ortom Muhammadiyah.

  6. Mendaftarkan diri dan mengisi formulir kesediaan sebagai pendaftar program S1 serta menempuh seleksi kelengkapan administrasi melalui Sekretariat Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah.

  7. Melampirkan fotocopy nilai ijazah dan atau nilai raport semester 1 – 5 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan atau surat keterangan kelulusan (bagi yang belum menerima ijazah) dengan nilai rata-rata minimal 70 atau 2.80 (Kurtilas=Kurikulum 2013) yang dilegalisir.

  8. Pendafar mengajukan lamaran untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Program Beasiswa Kader (Probea Kader) kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang, dengan melampirkan kelengkapan persyaratan di atas.

  9. Ketentuan penempatan program studi bagi penerima beasiswa program ini menjadi kewenangan mutlak Rektor UNIMUS dan tidak dapat diganggu gugat.

  10. Tidak mempunyai cacat tubuh yang dapat mengganggu kelancaran belajar.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftar mengisi formulir secara online di web: pmb.unimus.ac.id

  2. Cetak Formulir dan Kartu ujian pada kertas putih ukuran A4 dan ditandatangani oleh pendaftar.

  3. Pendaftar dipersilahkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- ke Bank Syariah Mandiri dengan No. Rekening 57-5555-9999 atas nama Universitas Muhammadiyah Semarang.

  4. Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai kelengkapan persyaratan calon pendaftar seleksi PROBEA KADER.
    Adapun berkas persyaratan yang disiapkan adalah sebagai berikut :
    1. Slip atau Bukti Pembayaran Bank (Asli), disarankan di fotocopy terlebih dahulu untuk disimpan pendaftar.
    2. Fotocopy KK dan KTP
    3. Fotocopy raport semester 1 - 5 yang telah dilegalisir tiap semester. Nilai rata-rata minimal 70.
    4. Surat keterangan status Akreditasi Sekolah.
    5. Berstatus sebagai Kader Muhammadiyah yang ditunjukkan dengan kartu anggota Muhammadiyah.
    6. Surat Rekomendasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Majelis DIKDASMEN Pimpinan Muhammadiyah Kabupaten/Kota.
    7. Surat permohonan beasiswa kepada Rektor.
    8. Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 = 3 lembar (Background merah)

  5. Berkas pendaftaran berisi semua persyaratan disertai kelengkapan persyaratan calon pendaftar seleksi PROBEA KADER dimasukkan dalam stopmaf warna hijau dan dimasukkan sampul coklat (bagi yang dikirim per pos) dan ditujukan ke :

    PMB Jalur PROBEA KADER
    UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG (UNIMUS)
    Jl. Kedungmundu Raya No. 18, Semarang 50273
    Tel
    p. (024) 76740293/ (024) 76740295 psw: 1117
    Fax (024) 76740291
    Email : admisi@unimus.ac.id
    Website : www.unimus.ac.id


  6. Untuk verifikasi berkas, silakan datang langsung atau dikirim lewat pos ke Universitas Muhammadiyah Semarang  Lantai 1 Gedung Rektorat Jl. Kedungmundu Raya No.18 Semarang dengan membawa semua berkas pendaftaran yang sudah dilegalisir untuk diserahkan ke petugas pendaftaran PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru).

  7. Berkas persyaratan yang belum lengkap diserahkan/diterima oleh petugas PMB maksimal hari terakhir batas waktu pendaftaran untuk masing-masing jalur dan gelombang pada jam kerja.
    Hari Senin - Jum'at, Pukul 08.00 - 16.00 WIB.
    Hari Sabtu, Pukul 08.00 - 12.00 WIB.


Proses Seleksi

Proses seleks imenjadi wewenang dari panitia dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Pengumuman dan Registrasi

Pengumuman hasil seleksi dan kegiatan registrasi dilaksanakan dengan ketentuan waktu sebagai berikut:

  1. Hasil seleksi akan diumumkan melalui web: pmb.unimus.ac.id

  2. Pendaftar yang diterima wajib datang untuk melakukan registrasi ulang.

  3. Pendaftar yang diterima harus melakukan registrasi ulang selambat-lambatnya satu minggu setelah dinyatakan lulus/diterima. Khusus untuk program studi Pendidikan Kimia (S1), pendaftar baru dinyatakan diterima setelah LULUS tes kesehatan.

 

Biaya Pendidikan

Peserta yang diterima berlaku skema pembiayaan sebagai berikut :

  1. Pendaftar tetap membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-

  2. Penerima program Probea Kader mendapatkan keringanan pembiayaan pendidikan sebesar 50% dari total biaya studi di masing-masing program studi (biaya SPP, SPI dan Kemahasiswaan) dan tetap membayar biaya SKS 100% baik untuk SKS teori maupun praktikum.

  3. Apabila pada akhir semester nilai indeks prestasi mahasiswa yang bersangkutan memenuhi persyaratan sebesar 3,00 (program studi kelompok IPS) dan 2,75 (program studi kelompok IPA), beasiswa dapat dilanjutkan pada semester 2 dan demikian selanjutnya untuk semester-semester berikutnya.

  4. Apabila persyaratan nilai indeks prestasi tersebut tidak dapat dipenuhi, maka beasiswa Probea Kader tidak dapat dilanjutkan pada semester berikutnya, sehingga pendaftar dikenakan kewajiban membayar SPP, SKS (teori maupun praktikum).