Portal PMB | UNIMUS

MIPA

Visi

Menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam yang unggul secara nasional dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya, literate dalam teknologi informasi dan berjiwa wirausaha.

Misi

  1. Menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapannya yang menunjang pengembangan IPTEK untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia dengan menumbuh-kembangkan semua jurusan di lingkungannya.
  2. Meningkatkan peran Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai institusi yang mempunyai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan MIPA untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual.
  3. Meningkatkan peran FMIPA dalam dunia industri, teknologi informasi, kesehatan, dan ekonomi, secara bersama-sama dengan dunia industri untuk lebih mengembangkan ilmu dan terapan MIPA.
  4. Menjadikan FMIPA sebagai pusat layanan penelitian, pelatihan, konsultasi, dan jasa dalam bidang keilmuan MIPA dan terapannya.
  5. Menjadikan FMIPA sebagai insitusi yang mempunyai tatakelola yang baik dalam rangka mendukung UNIMUS menjadi universitas bermutu unggul.

Tujuan

  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi penelitian dan pelayanan masyarakat.
  2. Mengembangkan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama untuk meningkatkan posisi di tingkat global dengan dukungan masyarakat kampus, alumni, industri dan masyarakat.
  3. Menumbuhkan budaya masyarakat Pancasila dan Al Islam kemuhammadiyahan dengan menumbuh kembangkan : sikap toleran dan saling menghormati, jiwa dan semangat kebangsaan, moral dan etika yang baik serta disiplin diri di kalangan sivitas akademika dan masyarakat, untuk mendukung kemandirian serta keutuhan bangsa dan Negara.
  4. Menyediakan sarana prasarana untuk meningkatkan layanan dalam mendukung mutu fakultas.
  5. Menjadi Fakultas yang bertata kelola yang baik, efisien dan produktif.

Profil

Program Studi S1 Statistik Universitas Muhammadiyah Semarang bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan didirikan tahun 2004. Program Studi S1 Statistik mempunyai satu Program studi yaitu Program Studi Statistik, dan merupakan satu-satunya Program Studi S1 yang pertama kali dimiliki ketika awal berdirinya Fakultas MIPA. Pembentukan Program Studi S1 Statistik diarahkan untuk melayani tuntutan masyarakat akan kebutuhan sarjana MIPA guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

Saat ini, Program Studi S1 Statistik masih dalam status terdaftar, sesuai dengan Surat Keputusan nomor.139/D/O/1999 dan diperpanjang lagi dengan SK No. 8474/D/T/K-VI/2011. Tanggal 20 April 2016 memperoleh Status Akreditasi dari BAN PT dengan nilai B (No. SK BAN-PT : 0474/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016). Terdapat 4 dosen tetap dan 11 orang dosen tidak tetap sebagai tenaga edukatif di Prodi Statistik Unimus. Dosen tidak tetap berasal dari UNDIP dan instansi lain yang berhubungan dengan ilmu statistik seperti Badan Pusat Statistika (BPS).

Kompetensi Lulusan Pengetahuan dan pemahaman yang harus dimiliki mahasiswa:

  1. Dapat menjelaskan konsep-konsep dasar statistik.
  2. Dapat menjelaskan konsep-konsep dasar data dan informasi.
  3. Mempunyai keunggulan dalam melakukan survey, sensus dan penelitian lapangan.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi teknologi informasi.

Ketrampilan Intelektual

  1. Dapat menerapkan statistika dan ilmu dalam berbagai bidang disiplin ilmu lain.
  2. Dapat mengembangkan ilmu statistik dan teknologi informasi.
  3. Mampu melanjutkan studi jenjang yang lebih tinggi dan belajar sepanjang hayat.

Kurikulum Program Studi S1 Statistik

Kurikulum Program Studi S1 Statistik tahun 2011/2012 disusun berdasarkan beberapa aturan sebagai berikut:

  1. Undang- undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi.
  4. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  5. Buku Praktek Baik Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi terutama Buku II tentang Kurikulum Program Studi yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Akademik Dan Kemahasiswaaan.

Beban studi yang ditempuh sarjana Statistika minimal 144 (seratus empat puluh empat Satuan Kredit Semester) yang dijadwalkan untuk 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan paling lama 14 semester. Adapun beban SKS tersebut terdiri dari:

  1. Matakuliah wajib 123 SKS, terdiri dari 79 SKS kurikulum inti dan 44 SKS kurikulum institusional.
  2. Matakuliah pilihan minimum 21 SKS dengan konsentrasi Komputasi Statistika untuk Industri dan matakuliah pilihan konsentrasi Komputasi Statistika untuk Bisnis dan Sosial.
PROGRAM STUDI :
Program Sarjana :